Daftar Jurusan / Program Studi

Berdasar SK Rektor Universitas Brawijaya No. 516/SK/2011, maka program pendidikan di Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Universitas Brawijaya terdiri atas 3 Program Sarjana (S1).

 

Informatika / Ilmu Komputer

Situs Resmi : ptiik.ub.ac.id/informatika

Secara umum, Informatika yang merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari transformasi berlambang yaitu data yang berbasis pada mesin komputasi. Mencakup beberapa bidang diantaranya sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, sistem komputer dan aplikasi-aplikasi pengembangan informatika yang lainnya. Informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan tersebut, serta menampilkan dalam bentuk informasi.

Peran Ilmu komputer yang merupakan bagian dari informatika lebih ditekankan pada pemrograman komputer dan rekayasa perangkat lunak (software). Berakar dari elektronika, matematika dan linguistik, basis ilmu komputer adalah pemahaman komprehensif mengenai algoritma. Mulai dari analisis abstrak hingga subyek yang lebih kongkret seperti struktur data, intelejensia buatan, sampai tata antarmuka pengguna. Bidang ini beririsan dengan bidang sistem informasi. Tetapi informatika lebih menitik beratkan kepada pemenuhan kebutuhan manusia yang berhubungan dengan penggunaan komputer. Oleh karena itu maka dipelajari berbagai strategi penerapan teknologi yang dimaksud, tanpa mendalami terlalu jauh konsep dan dasar teori dari basic ilmu komputer itu sendiri (pragmatis).

Program studi Informatika pada Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya menyajikan pemanfaatan teknologi informasi dalam proses identifikasi masalah, pengolahan data dan informasi, serta pemecahan masalah dan pengambilan keputusan sesuai dengan prinsip keilmuan dan kerekayasaan. dalam menunjang semua hal diatas, saat ini program studi Informatika UB memiliki 4 keminatan :

  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  • Komputasi Cerdas (KC)
  • Jaringan Komputer (JK)
  • Teknologi Game (Game Tech)

Dengan 4 keminatan diatas, diharapkan lulusan dari program studi informatika dapat mengaplikasikan kemampuannya, baik hard skill maupun soft skill di bebrbagai bidang dan lini profesionalitas. Beberapa prospek profesi yang terkait langsung dengan informatika adalah :

  1. Software Engineer
    Berperan dalam pengembangan perangkat lunak untuk berbagai keperluan. Misalnya perangkat lunak untuk pendidikan, telekomunikasi, bisnis, hiburan dan lain-lain, termasuk perangkat lunak untuk model dan simulasi.
  2. System Analyst dan System Integrator
    Berperan dalam melakukan analisis terhadap sistem dalam suatu instansi atau perusahaan dan membuat solusi yang integratif dengan memanfaatkan perangkat lunak.
  3. Konsultan IT
    Berperan dalam perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT pada sebuah organisasi.
  4. Database Engineer / Database Administrator
    Berperan dalam perancangan dan pemeliharaan basis data (termasuk data warehouse) untuk suatu instansi atau perusahaan.
  5. Web Engineer / Web Administrator
    Bertugas merancang dan membangun website beserta berbagai layanan dan fasilitas berjalan di atasnya. Ia juga bertugas melakukan pemeliharaan untuk website tersebut dan mengembangkannya.
  6. Computer Network / Data Communication Engineer
    Bertugas merancang arsitektur jaringan, serta melakukan perawatan dan pengelolaan jaringan dalam suatu instansi atau perusahaan.
  7. Programmer
    Baik sebagai system programmer atau application developer, sarjana informa tika sangat dibutuhkan di berbagai bidang, misalnya bidang perbankan, teleko munikasi, industri IT, media, instansi pemerintah, dan lain-lain.
  8. Software Tester
    Terkait dengan ukuran perangkat lunak, sarjana informatika dapat juga berperan khusus sebagai penguji perangkat lunak yang bertanggung jawab atas kebenaran fungsi dari sebuah perangkat lunak.
  9. Game Developer
    Dengan berbagai bekal keinformatikaan yang diperolehnya termasuk computer graphic, human computer interaction, dll, seorang sarjana informatika juga dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak untuk multimedia game.
  10. Intelligent System Developer
    Dengan berbagai teknik artificial intelligence yang dipelajarinya, seorang sarjana informatika juga dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak yang intelejen seperti sistem pakar, image recognizer, prediction system, data miner, dll.

Selain bidang-bidang profesional di atas, sarjana Informatika juga dapat bekerja di bidang lainnya. Misalnya di bidang pendidikan atau dalam bidang keilmuan dengan menjadi peneliti di lembaga-lembaga penelitian seperti di LIPI, BPPT, dan Badan Penelitian dan Pengembangan di perusahaan.

Sistem Informasi

Situs Resmi : ptiik.ub.ac.id/sistem-informasi

Merupakan suatu bentuk komunikasi sistem dimana data yang mewakili dan diproses sebagai bentuk dari memori sosial sehingga sistem informasi mampu mendukung manusia dalam pengambilan keputusan dan tindakan. Kombinasi dari teknologi informasi dan aktifitas manusia untuk mendukung operasi dan manajemen, dibutuhkan sebuah sistem yang tersinergi antara komponen teknologi informasi dan komunikasi dengan sumber daya manusia sehingga mewujudkan sebuah sistem yang mampu mendukung kebutuhan dari sebuah organisasi atau komunitas berdasarkan suatu prosedur kerja yang telah ditetapkan

Mengedepankan pada riset sistem dan organisasi komputer, bidang sistem informasi lebih banyak berkecimpung dalam manajemen organisasi dari piranti lunak dan keras. Pada bidang sistem informasi, akan banyak koordinasi dengan bidang-bidang yang beririsan seperti System Engineering dan informatika terkait pembangunan mengenai teknologi aplikasi dan metodologi piranti lunak. Ketiga bidang tersebut mempunyai keterikatan yang kuat.

Program studi sistem komputer pada Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya berfokus pada peningkatan kemampuan manajerial teknologi informasi dan komunikasi serta sumber daya manusia dimana diharapkan akan menciptakan sebuah sistem yang mampu mengakomodir akan kebutuhan informasi yang berkembang pesat.

Beberapa bidang pekerjaan yang sesuai dengan sistem informasi diantaranya :

  1. Database dan e-Business
    Membuat sistem basis data dan yang berhubungan dengan bisnis.
  2. System Analyst
    Sistem analis, perancang sebuah program sebelum dibangun.
  3. Programmer Analyst
    Sama seperti dengan sistem analis namun lebih spesifik dengan pembangunan program.
  4. System Design
    Perancang sebuah desain dari system.
  5. Database Administrator
    Menjadi adminitrasi dari sebuah sistem basis data.
  6. Information Technology / System Information Consultant
    Konsultan sistem informasi, korporasi yang bergerak dibidang jasa berhubungan dengan sistem informasi.
  7. Web Developer
    Pembangun web lebih spesifik dengan sistem basis data dan ruang lingkupnya.
  8. Web Designer
    Pembangun web spesifik dari desain dan berhubungan dengan seni dan estetika.
  9. Enterpreneur in IT Business
    Membuat wirausaha dibidang IT.
  10. IS Auditor
    Auditor sistem informasi.
  11. IS Project Manager
    Memanajeri sebuah projek yang berhubungan dengan sistem infomasi.

Sistem Komputer

Situs Resmi : ptiik.ub.ac.id/sistem-komputer

Sistem komputer akan berjalan dengan kekuatan 3 elemen utama, manusia (brainware), perangkat lunak (software), dan perangkat keras (hardware). Adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, dan menyediakan output dalam bentuk informasi) yang dijalankan atas kemauan dan perintah manusia dan diharapkan dapat membantu mempermudah pekerjaan manusia dengan aktivitasnya sehari-hari.

Bidang sistem komputer dalam pengaplikasiannya lebih menekankan ke peningkatan teknologi aplikasi, metodologi perangkat lunak dan manajemen sistem infrastruktur. beririsan dengan System Engineer, sistem komputer berkaitan erat dengan bagaimana membangun, menata, dan mengaplikasikan sebuah sistem, sistem yang mana dapat mempermudah kehidupan manusia.

Program Studi Sistem Komputer pada Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya mensinergikan kecerdasan manusia dengan kecanggihan teknologi perangkat lunak dan kehandalan perangkat keras untuk mewujudkan sebuah sistem cerdas yang mampu meningkatkan kesejahteraan manusia.

Dengan banyaknya kebutuhan akan tenaga sistem komputer dimana aplikasi penerapan / pengendalian otomasi menggunakan komputer mulai banyak diterapkan. Beberapa profesi yang sesuai dengan bidang sistem komputer diantaranya adalah :

  1. Networking
    Dalam bidang ini akan berhubungan dengan jaringan telekomunikasi yang sangat penting dalam jaman sekarang ini. Syarat untuk bekerja di bidang ini harus menguasai teknik switching, mengopraasikaan komputer dan membuat jaringan. Sekarang ini perusahaan banyak yang mengunakan jaringan untuk bertukar data, oleh karena itu kemampuan ini banyak orang lulusan system computer menguasainya.
  2. Robotik dan Otomatisasi
    Kemampuan analisis sistem dinamik, vision, dan intelegence untuk mengendalikan robot dan perangkat keras dalam industri. Dalam industry robot sangat di perlukan untuk mempermudah pekerjaan manusia.
  3. Digital Sistem
    Kemampuan bidang rekayasa dan perancangan perangkat digital berbasiskan VLSI (Very Large Scale Integration). Biasanya perusahaan telepon seperti indosat, telkomsel ,dll sangat membutuhkan profesi ini.
  4. Computer System Management
    Kemampuan dalam perencanaan dan pengelolaan perusahaan / organisasi berbasiskan teknologi komputer.
  5. Mobile Technology and Embedded System
    Kemampuan merancang dan mengembangkan sistem yang terkait dengan mobile technology dan embedded system . Pada profesi ini sangat jarang orang indonesia yang dapat merancang dan mengambangkan technology mobile, oleh karena itu profesi inilah yang sangat jarang di temukan di Indonesia.
  6. Help Desk
    Help Desk termasuk Operator teknis. Seorang Help Desk harus mampu mengoperasikan PC stand alone, sistem operasi, instalasi internet, anti virus, back up/restore/data recovery, troubleshooting PC, konversi data, teknik pemrograman, gambar vektor, database, HTML dasar. Help Desk termasuk Level II dalam Level kualifikasi bidang Help Desk.

BERITA TERBARU

KERJASAMA