Berita PTIIK, 21 Nov 2013

KODING 3D LPM Display PTIIK Rebut Hati Para Pengunjung

Kompetisi Majalah Dinding 3 Dimensi (KODING 3D) yang digelar oleh Lembaga Pers Mahasiswa DISPLAY PTIIK di MX Mall (19/11) berhasil merebut hati para pengunjung yang hadir. Kegiatan yang memang diperuntukkan bagi para pelajar SMA se-Jawa Timur ini diikuti oleh sekitar 20 kelompok peserta yang berasal dari Malang, Banyuwangi, Bojonegoro, Blitar dan Surabaya. Beberapa sekolah yang mengirimkan perwakilannya antara lain SMA Negeri 10 Malang, SMA Negeri Model Terpadu Bojonegoro, SMA Negeri 1 Genteng, dan SMA Negeri 1 Talun.

Riska Sulistyorini, ketua pelaksana KODING 3D mengatakan bahwa kegiatan yang merupakan rangkaian perayaan Dies Natalis PTIIK ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap inovatif dan kreatif serta tanggap terhadap isu global pada dunia IT. Selain itu, target peserta yang sengaja merupakan pelajar SMA ini juga dimaksudkan untuk lebih mengenalkan PTIIK sebagai cikal bakal fakultas baru di Universitas Brawijaya.
“Harapannya kegiatan ini juga bisa digunakan sebagai forum dan ajang komunikasi berbagai ide kreatif dan inovatif para siswa SMA,” jelas Riska.

Dalam kompetisi ini tidak ada tahapan seleksi khusus yang harus dilalui oleh peserta. Para peserta yang telah mendaftar, kemudian diwajibkan untuk membuat majalah dinding (mading) dalam bentuk 3 dimensi dengan tema “Peran dan Prospek Teknologi Informasi”. Setelahnya, hasil karya peserta wajib diikutkan dalam pameran dan penjurian yang diadakan di MX Mall.

Kreativitas para peserta yang dituangkan dalam berbagai bentuk mading 3D menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Sebagian besar peserta mengaku membuat mading dari barang bekas yang ada di gudang sekolah ataupun dirumah mereka masing-masing.
“Kami membuat cerita singkat dalam mading kami, mulai zaman peradaban hingga saat ini. Bahan orang-orangan yang kami buat dari pelepah pisang dan kain yang sudah tidak terpakai di rumah ungkap Rafiiud Darajad, salah seorang peserta dari Bojonegoro.

Selain memamerkan hasil karyanya, pada kesempatan itu para peserta juga harus mempresentasikan konsep mading yang diangkatnya dihadapan dewan juri dan para pengunjung yang memadati lokasi.

Riska menjelaskan, pada kompetisi ini ada empat pemenang yang dipilih yaitu Juara 1, 2 dan 3 serta juara favorit. Kriteria penilaian untuk menentukan juara 1, 2 dan 3 didasarkan pada kesesuaian tema, kreativitas, inovasi, orisinalitas karya, kekompakan tim dan kebersihan. Sementara itu untuk juara favorit dipilih dari jumlah suara yang diberikan para pengunjung dalam bentuk quote untuk setiap kelompok.

Melihat antusiasme peserta dan pengunjung, serta melihat dampak positif dari kegiatan ini maka diharapkan acara serupa dapat terselenggara lagi dikemudian hari. [wilda/dna/pic by DISPLAY]

Berikut ini Pemenang KODING 3D 2013:

Juara I : SMK Nasional Malang
Juara II : SMA Negeri 3 Malang
Juara III : SMA Negeri Model Terpadu Bojonegoro
Juara Favorit : SMA Brawijaya Smart School