Mahasiswa PTIIK UB di Youthnesian 2014

Mahasiswa PTIIK UB di Youthnesian 2014

Ekky saat menjadi pembicara di Youthnesian 2014

Rizky  Ashar atau akrab dipanggil Ekky, mahasiswa PS. Informatika 2010Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya berkesempatan turut serta menjadi salah satu pembicara/ speaker dalam kegiatan Youthnesian 2014di Balai Kartini, Jakarta (9/8). Lebih dari 1.500 stakeholder yang berfokus pada isu kepemudaan dari seluruh Indonesia bertemu pada kegiatan tersebut. Kegiatan yang diselenggarakan oleh UNFPA dan Ford Foundation bertujuan untuk mengetahui peran para generasi muda Indonesia dalam membentuk agenda pembangunan pasca-2015. Selain itu, Youthnesian 2014 juga diselenggarakan untuk menandai berakhirnya perayaan Hari Kependudukan Dunia tahun ini (11/7) dan sebagai tanda dimulainya perayaan International Youth Day(12/8).

Ekky menuturkan bahwa pada penyelenggaraan Youthnesian 2014 terbagi dalam beberapa sesi, antara lain sesi youth hangout dan youth fair. Youth Hangout merupakan sesi untuk membicarakan tentang kesehatan, pendidikan, inovasi serta pembangunan. Sementara itu Youth fair adalah sesi dimana komunitas  anak muda Indonesia berkumpul untuk mempromosikan organisasinya masing-masing. Acara disusun dengan sangat menarik dengan menghadirkan pembicara dari berbagai kalangan, mulai dari perwakilan Pemerintah Indonesia, mitra pembangunan, bisnis, kelompok advokasi serta komunitas anak muda. Youthnesian 2014 tersebut kemudian ditutup dengan youth concert yang menghadirkan bintang tamu Raisa, Vidi Aldianodan Maudy Ayunda.

Ekky di Asia Pacific Youth Training on Media and Civil Participation

Untuk diketahui, Ekky memulai keikutsertaannya dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh UNFPA sejak dirinya terpilih sebagai salah satu perwakilan pemuda Indonesia di YAP UNFPA pada Mei 2013 lalu. Seperti diketahui bahwa adalah salah satu bagian dari United Nation (dalam bahasa Indonesia: Perserikatan Bangsa Bangsa/ PBB) yang  berfokus pada isu-isu kependudukan dan kesehatan. Karenanya, selama dua tahun sejak terpilihnya Ekky berkesempatan untuk mengikuti berbagai kegiatan UNFPA sebagai saah satu perwakilan kaum muda Indonesia. Pada bulan Agustus 2014 tersebut tidak hanya Youthnesian 2014 saja yang sempat dihadiri oleh Ekky namun juga beberapa acara lainnya seperti Asia Pacific Youth Training on Media and Civil Participation serta Global Media Forum. [Ekky/dna]

Berita terkait:
Kesempatan Langka Berkontribusi Lewat YAP UNFPA