Kunjungan FTIK Universitas Mulawarman Samarinda

Kunjungan FTIK Universitas Mulawarman Samarinda

Sejumlah sepuluh orang perwakilan dari Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Mulawarman Samarinda, Kalimantan Timur (FTIK UNMUL) melakukan kunjungan ke Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) UB pada Kamis (2/10). Hadir pada kesempatan tersebut Drs. H. Abd. Aziz, M.Si. selaku Ketua UP. Fakultas TIK UNMUL beserta jajarannya dan lima orang mahasiswa.

Drs. H. Abd. Aziz mengungkapkan bahwa kunjungan tersebut dimaksudkan untuk sharing mengenai beberapa hal, antara lain mengenai pelaksanaan sistem penjaminan mutu di UB dan PTIIK pada khususnya dalam rangka memperbaiki manajemen dan akreditasi UNMUL. Selain itu perwakilan FTIK UNMUL juga ingin mempelajari mengenai sistem pelaksanaan bursa karier, serta pengelolaan sistem informasi di UB dan PTIIK.

Disambut baik oleh Edy Santoso, S.Si, M.Kom selaku Wakil Ketua III PTIIK beserta jajarannya, acara kunjungan dibuka dengan sambutan dan pemaparan umum tentang PTIIK. Beberapa hal yang disampaikan antara lain tentang sejarah terbentuknya PTIIK, tiga macam program studi, berbagai sub bagian dan unit, fasilitas, pelaksanaan perkuliahan serta perkembangan jumlah mahasiswa di PTIIK. “Sejak terbentuknya 2011 lalu sampai saat ini total mahasiswa PTIIK sudah mencapai jumlah 3.500. Mahasiswa kami tidak hanya diarahkan untuk menguasai kemampuan teknis mengenai bidang IT. Namun kami juga mengarahkan mahasiswa kami untuk dapat mengembangkan softskillnya dengan mengikuti organisasi kemahasiswaan yang ada di PTIIK,” ungkap Edy.

Penjelasan mengenai pengelolaan dan penjaminan mutu di PTIIK disampaikan oleh Rekyan Regasari Mardi Putri, ST., MT. selaku Ketua Gugus Jamin Mutu (GJM) PTIIK. Sementara penjelasan mengenai pengelolaan sistem informasi di PTIIK dipaparkan oleh Kasyful Amron, ST., M.Sc. selaku Ketua  BPTIK dan PSIK.

Pada kesempatan tersebut pihak FTIK UNMUL juga sempat meminta masukan mengenai strategi yang dapat dilakukan untuk dapat menjalin kerjasama dengan perusahaan IT terkemuka. Seperti diketahui hingga saat ini PTIIK telah menjalin kerjasama dengan IBM, Cisco, NI, Microsoft dan beberapa perusahaan IT terkemuka lainnya. Diharapkan setelah melakukan kunjungan ke PTIIK ini FTIK UNMUL juga dapat menjalin kerjasama serupa. Pada akhir sesi, perwakilan FTIK UNMUL juga diberikan kesempatan untuk berkeliling PTIIK. Mengunjungi beberapa laboratorium serta unit kerja yang ada di PTIIK. [dna]